Artis Kebanggan Kota Makassar

    Author: Bali Tour Destination Genre: »
    Rating





    Makasar Ibukota Sulawesi Selatan adalah salah satu penghasil artis² dan tokoh² T.O.P Nasional, nah kali ini saya akan membahas tentang Penyanyi/Vokalis asli Makasar dan Sulsel pada Umumnya, tanpa panjang Lebay Eh lebar maksudnya hehe, langsung aja yuk kita liat profilnya..

    1. Fadly PADI
    Fadly atau lengkapnya Andi Fadly Arifuddin lahir di Makassar, 13 Juni 1975 adalah penyanyi dan vokalis grup band populer, PadiFadly sendiri tercatat sebagai pendiri band yang personelnya terdiri dari Ari Tri Sosianto (gitar), Surendro Prasetyo (drum), Rindra Risyanto Noor (bas), dan Satriyo Yudi Wahono (gitar) itu yang berdiri pada 8 April 1997.



    Sarjana Ekonomi Universitas Airlangga ini menikah dengan Dessy Aulia pada 2 September 2001 dan telah dikaruniai empat orang anak, Bilal dan Aidan, Fathimah, dan Hasan (lahir 13 Mei 2008).



    Karir

    Bersama pada Padi, pria kelahiran Makassar, 13 Juni 1975 itu, sukses membawakan single Sobat dalam album keroyokan Indie 10. Disusul kemudian album sukses Padi, seperti LAIN DUNIA (1999), SESUATU YANG TERTUNDA (2001), SAVE MY SOUL (2003), PADI (2005) dan TAK HANYA DIAM (2007).



    Sebelum bergabung dengan Padi, suami dari Dessy Aulia ini pernah bermain dalam grup band Mr. Q Band, yang sering tampil sejumlah kafe di Surabaya.



    Fadly juga menjadi produser solois Lobow dan grup musik pemenang A Mild Live Wanted 2008Magneto. Baik Lobow maupun Magneto berasal dari Makassar.
    (direvisi, menurut informasi langsung dari Fadly via tweet, dia cuma memproduseri Lobow :D)



    2. Ady (Ex Naff)

    Rusyaedi Makmun atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ady lahir di Makassar, 28 Juli 1974 vokalis dan pencipta semua lagu yang menggagas terbentuknya Naff. Ady yang kuliah di Fakultas Seni Musik Universitas Pakuan Bandung mengajak Asep Supriatna Wijaya (Odeu), Mahasiswa Nice School of Graphic Design Bandung, yang main bas Andre Kurniawan H. (Ade) mahasiswa Akademi Akuntansi Bandung, yang awalnya main drum, tapi di album kedua menjadi gitaris.


    Mereka sepakat untuk merekam demo lagu-lagu mereka di sebuah studio di Bandung (namanya Kanamusik Studio) dan kebetulan pemiliknya adalah Dedi Ginanjar Raksawardana (Dedi) jebolan Associate Degree dan Diploma 95 Wake Tecnical College National Radio Institute, North Carolina yang akhirnya bergabung menjadi gitaris. 

    Pada tahun 2000 Naff akhirnya mengeluarkan album perdana mereka yang di beri judul  Terlahir dengan Hits Single Ternyata Mimpiku dan disusul dengan Album TERBANG TINGGI (2001) NAFF(2003) ISYARAT HATI (2006) RAHASIA HATI (2008) dan SENANDUNG HATI DAN JIWA (2009).

    Tapi sayang pada tahun 2010 Ady memilih untuk keluar dari Naff dan mencoba peruntungan menjadi penyanyi solo. Pada tahun 2011 Ady akhirnya mengeluarkan Hits Single-nya yang pertama yang berjudul Cantiq

    3. Lobow
    Lobow adalah putra daerah asal Kota Makassar yang mengawali karir bermusik pada tahun 1994 di kota Makassar dan tergabung dalam grup band "Apache". Apache tampil rutin dari kafe ke kafe dan jga sebagai band pembuka dan pendamping grup besar pada saat itu seperti Slank,Kla Project,Gigi dan lain-lain. Pada tahun 1996 Lobow hijrah ke Jakarta untuk mengembangkan potensi yg ada dengan manggung bersama Apache di berbagai pub dan kafe dan sayangnya tidak berlangsung lama akibatnya bubarnya Apache.

    Pertemanan yg di jalin bersama Pay BIP selama di Jakarta memberi banyak pengaruh pada perjalanan karir musik Lobow. Lobow bersama beberapa personil lainnya mencoba membentuk grup "Retro" yang sayangnya juga tidak berlangsung lama. 

    Pada tahun 1998 Lobow berhasil kembali membentuk band Mata Air Band yang merilis 1 album dibawah label Universal Musik Indonesia (UMI) yang diliris pertengahan tahun 2003. Lobow aktif sebagai penulis lagu buat beberapa penyanyi di Indonesia seperti Ari Lasso, Adi Naff, Rita Effendi.Lobow juga membuat sebuah lagu buat Titi Kamal.

    Pada bulan Juni 2007 Lobow hadir kembali dengan konsep album solo yg di produseri oleh Pay BIP dan Fadly Padi, Lagu Lobow yang berjudul "SALAH" sudah masuk dalam album kompilasi film Layar lebar "Coklat Stroberi" dan pada pertengahan Februari 2008, album perdana TERUS BERSINAR dibawah bendera PT. AQUARIUS MUSIKINDO, yang diproduseri oleh Pay BIP dan Fadly PADI mulai diedarkan.Dalam album tersebut berisi 10 buah lagu-lagu yang menarik hasil karya Lobow, Dewiq, Fadly dan aransemen oleh Pay BIP dengan Hits KAU CANTIK HARI INI, PEACE dan TERUS BERSINAR dan rencananya dalam waktu dekat ini Lobow akan merilis album terbarunya.


    Nah itulah beberapa Penyanyi Asli Makassar yang membuat kita bangga menjadi orang Makassar. Semoga artikel ini bisa bermanfat dan menambah pengetahuan kita. okey.. :D






    Leave a Reply